Rabu, 28 April 2010

Engineering.....Not Marketing

Ana dan salah satu ikhwan kita ditawari pekerjaan Jembatan, bukan hal baru pekerjaan tersebut, tapi memang ‘Technical Experience’ ana tidak seperti pada pekerjaan gedung, nah…untuk meyakinkan ‘user’ dan 'Owner' kita diundang untuk mengadakan Presentasi oleh pemberi tugas yaitu PT. Astra Otopart Tbk, pada hari Selasa 27 April 2010 kemarin.

Terus terang, ini memang bukan presentasi pertama ana, yang jadi masalah saat itu adalah bahwa semua data-data presentasi bukan ana yang buat, dari data pengukuran, situasi lapangan, sampai desain jembatan. Seperti prajurit yang maju perang tetapi tidak membawa amunisi, jadilah ana nekad untuk tetap menyampaikan presentasi ini.

Alhamdulillah, presentasi bisa dikatakan sukses walau jauh dari sempurna, paling tidak pertanyaan yang dilontarkan oleh Audience dapat terjawab sudah.

Berdasarkan pengalaman diatas, sepulang dari presentasi tersebut terpikir oleh ana betapa perlunya mempelajari atau sekedar tahu sedikit tentang ‘Marketing Management’, kalau selama ini ana berpikir bahwa marketing bukanlah sepenuhnya menjadi tanggung jawab ana, semenjak kemarin paradigma tersebut berubah, bahwa marketing sangat perlu sebagai ujung tombak keberhasilan bisnis kita, jadi untuk urusan marketing bukan hanya sebagai tanggung jawab dan tugas Divisi marketing saja, tapi juga harus menjadi bagian dari tanggung jawab kita. Waduh….ana merasa tidak punya talenta dibidang ini, karena performance ana juga tidak mendukung, jangan-jangan kalau ada yang tertarik bukan karena dari nilai jual ana, tetapi karena takut melihat ana hehehe…..

Ternyata ngejlimet juga mahluk yang bernama ‘Marketing’ ini, tidak sekedar hanya menyebar brosur-brosur atau memasang spanduk atau baliho yang mungkin bentangannya sebesar gunung, tapi bagaimana kita harus bisa meyakini calon Buyer, User atau Owner dapat tertarik dan menggunakan jasa kita, jadi harus banyak belajar dan cari tahu mengenai dunia permarketingan.

Mungkin ada yang bisa kasih ‘Simple Lessons’ ke ana, bagaimana bisa menjadi marketing handal, terus apa ana perlu ‘Face Off’ untuk lebih meningkatkan ‘Sale Value’ ana, hahaha….

Lalu…siapa sekarang yang mau beli….?

Tidak ada komentar:

SearchSight.com

"Changing the Way that the World Looks at the Internet!"