Selasa, 14 Mei 2013

Bali....tidak seindah yang kau bayangkan



terima kasih baliku, budayakan alammu.......(Bali bagus by Slank)

sepenggal bait lagu “Bali Bagus” yang dinyanyikan oleh Slank,yang menggambarkan tentang keindahan pulau Bali, mungkin bagi mereka yang belum pernah ke pulau Bali penasaran ingin melihat keindahan alam bali atau ingin merasakan kebudayaan bali yang sampai saat ini masih terpelihara keutuhannya.

Setahun sudah saya tinggal di Bali karena alasan pekerjaan, selama itulah disetiap ada waktu luang saya coba kunjungi  tempat-tempat tujuan wisata dari utara sampai selatan, dari timur sampai barat, sudah semua tempat dijelajahi, yang pada akhirnya kejenuhan yang timbul karena kemana lagi harus berkunjung. Mungkin untuk tempat wisata tdaklah jauh berbeda dengan tempat wisata lain yang ada di bumi nusantara ini. 

Mungkin yang sedikit membedakan adalah kultur budaya bali yangmasih terpelihara, walau bali sudahsesak dengan para pendatang dari jawa, yang bekerja maupun usaha di pulau bali ini. Kita masih bisa melihat anak kecil atau remaja yang hampir setiap malam berkumpul di banjar untuk latihan menari atau bermain gamelan. Upacara-upacara adat yang tetap dilaksanakan pada waktu-waktu tertentu.

Walau banyak gedung-gedung hotel bertebaran disepanjang sanur, denpasar, kuta sampai nusa dua. Bali layaknya kota metropolis yang menggeliat, tapi modernisasi ini tidak menyurutkan dan mengkikis kebudayaan bali, entah satu dekade kedepan apakah bali masih bisa menahan gelombang modernisasi  yang datang bertubi-tubi ini. Bali layak disebut kota “Etnis Metropolis” mungkin istilah yang tepat untuk menggambarkan kondisi bali saat ini.

Bagi mereka yang belum pernah ke bali akan selalu menimbulkan rasa penasaran untuk menginjakan kaki di Pulau Dewata ini, tapi bagi saya bali tidaklah seindah yang kita bayangkan, mungkin pernyataan ini karena rasa frustasi ana yang selalu menahan kerinduan kepada kota kelahiran, boleh jadi sangat berlaku bagi saya konteks dari pepatah
" Hujan emas dinegeri orang, masih enak hujan angin dinegeri sendiri”

Apapun yang menggambarkan bali seperti apa..pada akhirnya kita sendiri yang dapat menilai.

Tidak ada komentar:

SearchSight.com

"Changing the Way that the World Looks at the Internet!"